Loader
  • Peraturan Prilaku & Kode Etik
  • Sumpah Pelayanan Publik
  • 19 Janji Pelayanan Publik

PERATURAN PERILAKU DAN KODE ETIK PELAYANAN PUBLIK DILINGKUNGAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

  1. PEMBERI LAYANAN HARUS MENGGUNAKAN ATRIBUT DAN IDENTITAS YANG MENUNJUKKAN NAMA DAN INSTANSI PEMBERI LAYANAN.
  1. PEMBERI LAYANAN PENGAWALI PELAYANAN DENGAN UCAPAN/SAPAAN ‘SALAM” (ADA YANG BISA DIBANTU) DAN MENGAKHIRINYA DENGAN UCAPAN/SAPAAN “TERIMA KASIH (MASIH ADA YANG BISA KAMI BANTU?)
  1. PETUGAS LAYANAN TIDAK DIBENARKAN MELAKUKAN PROSES PELAYANAN DENGAN MENGABAIKAN REGULASI DAN PROSEDUR YANG TELAH DITETAPKAN SESUAI AZA MATERIL DAN AZS FORMIL.
  1. PETUGAS LAYANAN TIDAK DIBENARKAN MENGAMBIL ALIH URUSAN LAYANAN YANG TIDAK MEMENUHI SAYARAT DENGAN PERTIMBANGAN YANG SIFATNYA SUBYEKTIF.
  1. TIDAK DIBENARKAN MENDAHULUKAN DAN ATAU MELAMBATKAN PROSES LAYANAN KARENA PERTIMBANGAN TERTENTU.
  1. SELAMA WAKTU LAYANAN TIDAK DIBENARKAN MENGGUNAKAN KEKUASAAN YANG SIFATNYA HIRARKIS DENGAN MAKSUD MENGINTERVENSI LAYANAN UNTUK MENGABAIKAN REGULASI DAN PROSEDUR LAYANAN.
  1. DALAM PROSES PELAYANAN PEMBERI LAYANAN TIDAK DIBENARKAN MENJANJIKAN JASA ATAU PRODUK LAYANAN KEPADA PENERIMA LAYANAN TANPA TERLEBIH DAHULU MEMERIKSA DOKUMEN PENGURUSAN.
  1. PEMBERI LAYANAN TIDAK DIBENARKAN MEMINTA ATAU MENERIMA SESUATU BARANG DAN ATAU JASA LAINNYA DILUAR BIAYA/KETENTUAN YANG DITETAPKAN.
  1. PADA PROSES LAYANAN, PEMBERI LAYANAN TIDAK DIPERBOLEHKAN MENGERJAKAN HAL-HAL SALINAN KEGIATAN PELAYANAN.
  1. PADA PROSES PELAYANAN, PEMBERI LAYANAN TIDAK DIPERBOLEHKAN MENEMUI PENERIMA LAYANAN DILUAR AREA LAYANAN (SERVICE HALL)
  1. PEMBERI LAYANAN HARUS MENJAGA, MERAHASIAKAN DAN MELINDUNGI DATA PEMOHON DARI ORANG-ORANG TERTENTU TANPA IZIN TERTULIS DARI PEMILIK DATA TERSEBUT, TERKECUALI UNTUK KEPENTINGAN BANGSA.
  1. PROSES LAYANAN HANYA DILAKUKAN SELAMA WAKTU LAYANAN OLEH INSTANSI PEMBERI LAYANAN
  1. PEMBERI LAYANAN HENDAKNYA MENJELASKAN DENGAN BAIK DAN JELAS BILAMANA ADA DOKUMEN LAYANAN YANG TIDAK LENGKAP ATAU TIDAK MEMENUHI SYARAT LAYANAN.
  1. PEMBERI LAYANAN DILAKUKAN TANPA ADA DISKRIMINASI SUKU, AGAMA, RAS DAN GOLONGAN.
  1. PEMBERI LAYANAN HARUS MEMPERLAKUKAN PENERIMA LAYANAN SECARA HARMONIS DAN HUMANIS
  1. PEMBERI LAYANAN HARUS MENGUTAMANAKN KEPENTINGAN MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA DARIPADA KEPENTINGAN PRIBADI DAN GOLONGAN.
  1. DALAM PEMBERIAN PELAYANAN HENDAKNYA TETAP MEMPERTIMBANGKAN IBU HAMI, PARA LANSIA DAN MEREKA YANG MEMILIKI KETERBATASAN FISIK DAN MENTAL

SUMPAH PELAYANAN PUBLIK

DEMIALLAH, SAYA BERSUMPAH : BAHWA SAYA, UNTUK DIPERCAYA MENJADI PEMBERI LAYANAN PUBLIK AKAN BERTANGGUNG JAWAB KEPADA TUHAN, BANGSA DAN MASYARAKAT

BAHWA SAYA, AKAN MEMATUHI SEPENUHNYA SEGALA PERATURAN PERUNDANG—UNDANGAN YANG BERLAKU DAN DENGAN IKHLAS MELAKSANAKAN KODE ETIK PELAYANAN PUBLIK

BAHWA SAYA, AKAN SENANTIASA MENJUNJUNG TINGGI KODE ETIK PELAYANAN PUBLIK DALAM SETIAP DAN TINGKAH LAKU SECARA TERHORMAT DAN MULIA

BAHWA SAYA, AKAN MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN NEGARA DAN MASYARAKAT DARI PADA KEPENTINGAN DIRI SENDIRI, PRIBADI DAN GOLONGAN BAHWA SAYA, AKAN MEMEGANG TEGUH KERAHASIAAN DATA YANG MENURUT SIFATNYA ATAU MENURUT KETENTUANNY HARUS SAYA RAHASIAKAN

BAHWA SAYA, AKAN BEKERJA DENGAN DISIPLIN, JUJUT DAN IKHLAS UNTUK KEPENTINGAN PELAYANAN PUBLIK SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA MELIMPAHKAN PETUNJUK DAN BIMBINGANNYA KEPADA KITA SEKALIAN 

19 JANJI PELAYANAN PUBLIK

  1. BERJANJI MENETAPKAN JAM PELAYANAN
  2. BERJANJI MEMPERCEPAT PROEDUR PELAYANAN
  3. BERJANJI MENJAMIN KUALITAS PELAYANAN
  4. BERJANJI MEMBERIKAN SOLUSI
  5. BERJANJI SELALU KOMUNIKATIF
  6. BERJANJI SELALU RAMAH DAN TERSENYUM
  7. BERJANJI MENJAMIN KEAMANAN
  8. BERJANJI MENATA RUANGAN
  9. BERJANJI MEMBERLAKUKAN ANTRIAN
  10. BERJANJI MEMBINA PETUGAS
  11. BERJANJI MENGAWASI OPERATOR
  12. BERJANJI MELAKUKAN KOORDINASI
  13. BERJANJI MELAKUKAN SOSIALISASI
  14. BERJANJI MENGGUNAKAN ATRIBUT SERAGAM DAN IDENTITAS
  15. BERJANJI BERTANGGUNG JAWAB PENUH
  16. BERJANJI MENDENGARKAN KELUHAN
  17. BERJANJI MELAKUKAN PEMBINAAN
  18. BERJANJI MELAKUKAN PENGAWASAN
  19. BERJANJI MENINDAKLANJUTI ADUAN MASYARAKAT